RPP TERPADU (NASIONALISME DULU DAN SEKARANG)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

                                                   (RPP)

 

 

Satuan Pendidikan               : SMP Banyu Biru

Mata Pelajaran                      : Ilmu Pengetahuan Sosial

Kelas / Semester                    : IX / 1 dan 2

Alokasi Waktu                       : 4  X 40 menit (2x pertemuan)

Tema                                      : Nasionalisme Dulu dan Sekarang

 

Standar Kompetensi             : 1.    Memahami usaha mempertahankan kemerdekaan

2. Memahami perubahan pemerintahan dan kerjasama internasional

Kompetensi Dasar                   2.1 Mengidentifikasi usaha perjuangan mempertahankan      kemerdekaan Indonesia

7.3 Menguraikan perilaku masyarakat dalam perubahan sosial-budaya di era global

  1. A.  Tujuan Pembelajaran

     Setelah mempelajari tema ini siswa diharapkan mampu :

  1. Menjelaskan faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya konflik antara Indonesia dengan Belanda
  2. Mengidentifikasi pengaruh konflik Indonesia-Belanda terhadap keberadaan negara kesatuan Republik Indonesia
  3. Menjelaskan Perjuangan rakyat dan pemerintah di berbagai daerah dalam usaha mempertahankan kemerdekaan Indonesia. (pertempuran Surabaya, pertempuran Medan Area, pertempuran Ambarawa, Bandung Lautan Api, Puputan Margarana, serangan
  4. Menyebutkan faktor-faktor yang memaksa Belanda keluar dari Indonesia
  5. Mendeskripsikan Modernisasi dan globalisasi
  6. Menguraikan pengaruh globalisasi terhadap nasionalisme rakyat Indonesia saat ini
  7. Mengidentifikasi sikap kritis rakyat Indonesia  terhadap pengaruh globalisasi terhadap memudarnya rasa nasionalisme rakyat Indonesiaan saat ini
  1. B.  Karakter siswa yang diharapkan :          
    1. Rasa ingin tahu
    2. Sikap Kritis
    3. Cinta Tanah Air
    4. Bertanggungjawab
    5. Kerjasama

C. Materi Pembelajaran

  1. Faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya konflik antara Indonesia dengan Belanda
  2. Pengaruh konflik Indonesia-Belanda terhadap keberadaan negara kesatuan Republik Indonesia
  3. Perjuangan rakyat dan pemerintah di berbagai daerah dalam usaha mempertahankan kemerdekaan Indonesia. (pertempuran Surabaya, pertempuran Medan Area, pertempuran Ambarawa, Bandung Lautan Api, Puputan Margarana, Peristiwa Westerling di Makassar ,dan serangan Umum 1 Maret)
  4. Faktor-faktor yang memaksa Belanda keluar dari Indonesia
  5. Proses masuk dan berkembangnya globalisasi
  6. Pengaruh globalisasi terhadap nasionalisme rakyat Indonesia saat ini
  7. Sikap kritis rakyat Indonesia  terhadap pengaruh globalisasi terhadap memudarnya rasa nasionalisme rakyat Indonesiaan saat ini
  1. D.  Metode Pembelajaran
    1. Pertemuan I:

–      Pengamatan gambar

–      Ceramah,

–      Diskusi,

–      Tanya-jawab

  1. Pertemuan II

–      Ceramah

–      Debat aktif

 

 

 

  1. E.       Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan 1

Alokasi Waktu: 2 x 40 menit (1 x pertemuan)

 

Kegiatan

Rincian Kegiatan

Alokasi Waktu

Pendahuluan –   Salam, doa, memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas-   Apersepsi : Guru memberi pertanyaan kepada siswa.

  • Bagaimana perasaan kalian saat mengikuti upacara memperingati hari-hari bersejarah?

–    Motivasi dan tujuan  : Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan menampilkan gambar keadaan bangsa Indonesia pada jaman penjajahan

10 menit

Kegiatan Inti 1. Ceramah:Guru menjelaskan secara garis besar faktor penyebab jadinya konflik antara Indonesia dengan Belanda

2. Diskusi:

–   Guru memberikan instruksi kepada siswa untuk membentuk 4 kelompok setiap kelompok terdiri dari 7 orang. (1 kelas=28 siswa).

  • Kelompok 1            :faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya konflik antara Indonesia dengan Belanda
  • Kelompok 2            : pengaruh konflik Indonesia-Belanda terhadap keberadaan negara kesatuan Republik Indonesia
  • Kelompok 3 : Perjuangan rakyat dan pemerintah di berbagai daerah dalam usaha mempertahankan kemerdekaan Indonesia. (pertempuran Surabaya, pertempuran Medan Area, pertempuran Ambarawa, Bandung Lautan Api, Puputan Margarana, Peristiwa Westerling di Makassar ,dan serangan Umum 1 Maret)
  • Kelompok 4            : faktor-faktor yang memaksa Belanda keluar dari Indonesia

–     Siswa melakukan diskusi,

–     Setelah diskusi kelompok selesai,   Guru meminta kepada perwakilan tiap kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi.

–     Siswa dipersilahkan tanya jawab

3. Konfirmasi:

–     Guru memberikan jawaban / penegasan terhadap petanyaan siswa yang belum dijawab oleh kelompok penyaji

10 menit

40  menit

10 menit

Penutup –      Siswa bersama dengan guru menyimpulkan bersama materi yang telah dipelajari-      Siswa diminta membuat refleksi pembelajaran mengenai perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia

–      Guru menutup kegiatan pembelajaran

10  menit

Pertemuan II

Alokasi Waktu: 2 x 40 menit (1 x pertemuan)

 

Kegiatan

Rincian Kegiatan

Alokasi Waktu

Pendahuluan –   Salam, doa, memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas-   Apersepsi : Guru memberi pertanyaan kepada siswa.

  • Apakah ada yang tahu apa itu modernisasi dan globalisasi?

–    Motivasi dan tujuan  : Guru menyampaikan sekilas tentang kegiatan yang akan dilaksanakan pada hari itu

10 menit

Kegiatan Inti 3. Ceramah–     Guru menjelaskan secara garis besar tentang materi modernisasi dan globalisasi

4. Debat Aktif

–     Membagi kelas menjadi dua kelompok besar yaitu kelompok pro dan kontra

–     Guru memberikan bahan kajian kepada siswa dengan topik globalisasi dan pengaruhnya terhadap nasionalisme bangsa Indonesia pada saat ini

–     Siswa dipersilahkan mengembangkan sebuah pernyataan kontroversial berhubungan dengan “pengaruh globalisasi pada sikap nasionalisme bangsa Indonesia”

–     memberikan waktu kepada masing-masing kelompok untuk mencari argumen yang mendukung masing-masing posisi terhadap pernyataan yang telah dipaparkan.

–     Mengatur tempat duduk menjadi saling berhadapan antara kelompok pro dan kontra dengan posisi juru bicara masing-masing didepan.

–     Memulai melaksanakan debat aktif

–     Setiap kelompok dipersilakan untuk memberikan kesimpulan akhir dari argument-argumen yang telah mereka paparkan

–     Selama masing-masing juru bicara melaksankan debat, siswa yang tidak menjadi juru bicara bertugas membuat resume pelaksanaan debat.

–     Guru melakukan penilaian

15 menit

40 menit

 

Penutup –     Siswa bersama dengan guru menyimpulkan bersama materi yang telah dipelajari-      Siswa diminta membuat refleksi pembelajaran mengenai “pengaruh globalisasi pada sikap nasionalisme bangsa Indonesia”

–      Guru memberi tugas untuk membuat artikel tentang perbandingan sikap nasionalisme pada jaman dulu dan jaman sekarang

–     Guru memberi tanggapan dan penguatan terhadap materi.

15 menit

  1. F.     Sumber, Alat, dan Bahan Pembelajaran
  2. Sri Sudarmi dan Waluyo. 2008. Galeri Pengetahuan Sosial Terpadu. Departemen Pendidikan Nasional: Solo
  1. Gambar-gambar arsip Nasional sekitar penjajahan Belanda
  2. Fattah, Sanusi.,dkk. 2008. Ilmu Pengetahuan Sosial : untuk SMP/MTs kelas IX. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional
  1. G.    Penilaian
    1. Tehnik Penilaian.
    2. Tes tertulis
    3. Penugasan terstruktur

2. Bentuk Instrumen

  1. tes pilihan ganda
  2. tes uraian

Indikator Pencapaian Kompetensi

Penilaian

Teknik

Bentuk

 Instrumen

Contoh

Instrumen

  1. Menjelaskan peristiwa penting, baik di tingkat pusat maupun daerah dalam usaha mempertahankan kemerdekaan Indonesia
  1. Pengaruh konflik Indonesia-Belanda terhadap keberadaan negara kesatuan Republik Indonesia
  1. Menjelaskan Faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya konflik antara Indonesia dengan Belanda
  2. Menyebutkan faktor-faktor yang memaksa Belanda keluar dari Indonesia
  1. Mengidentifikasi sikap kritis rakyat Indonesia  terhadap pengaruh globalisasi terhadap memudarnya rasa nasionalisme rakyat Indonesiaan saat ini
  1. Menguraikan pengaruh globalisasi terhadap nasionalisme rakyat Indonesia saat ini

 

Tes tulisTes tulis

Tes tulis

Tes tulis.

Tes tulis.

Tes tulis

Tes pilihan gandaTes pilihan ganda

Tes Uraian

Tes Uraian

Tes Uraian

Penugasan

 

Keberhasilan TKR mengusir Sekutu dari Ambarawa menjadi satu peristiwapenting, sebab … .

  1. TKR memiliki strategi baru yaitu infantri
  2. TKR dapat mempertahankan Ambarawa yang letaknya strategis
  3.  mengangkat karier dan pangkat Jenderal Soedirman
  4. berhasil mengamankan Jawa Tengah dari pendudukan Sekutu

Dampak Serangan Umum 1 Maret 1949 yang menunjang perjuangan diplomasi

adalah … .

  1. meningkatkan semangat juang TNI dalam pertempuran
  2.  menunjukkan bahwa TNI masih ada dan terorganisasi
  3. menjadi landasan dibawanya masalah Indonesia dalam forum PBB
  4. dapat dikuasai Yogyakarta selama 6 jam

Jelaskan faktor penyebab konflik Indonesia Belanda!

Sebutkan faktor-faktor yang memaksa Belanda keluar dari Indonesia!

Bagaimana seharusnya sikap pemuda Indonesia saat ini dalam menanggapi pengaruh globalisasi terhadap rasa nasionalismenya!

Buatlah perbandingan sikap nasionalisme pada jaman dulu dan jaman sekarang !

 

 

Lembar Penilaian Proses (Diskusi)

LEMBAR  PENILAIAN DISKUSI

No

Nama Siswa

Aspek yang Dinilai

Jumlah Skor

1

2

3

4

5

1

2

3

4

5

Keterangan

1.      Kemampuan Presentasi Materi

2.      Kemampuan tanya jawab

3.      Kerjasama

4.      Kemampuan menyimpulkan

5.      Laporan

Rentang skor

5 : Sangat Baik          4 : Baik         3 : Cukup       2 : Kurang     1 : Sangat kurang

Lembar Penilaian Debat Aktif

NO

Kriteria Penilaian

Skor

12

3

4

 

5

6

7

 

8

9

10

Kemampuan menyampaikan tema (communication)Kemampuan mempertahankan pendapat (confidence)

Penguasaan Materi

Wawasan (termasuk data dan kasus aktual penunjang)

Kemampuan berbahasa Indonesia yang baik dan benar (oral fluency)

–      Pemilihan kata

–      intonasi

–      penekanan kata

Manner ( sikap ) dan etika.

–      gerak tubuh

–      tatapan mata

Team work (peran tiap anggota)

……

……

……

……

 

……

……

……

 

……

……

…….

TOTAL SKOR

……

Nb. Pemberian skor dengan rentang angka 10 – 100

Skor debat              : Total skor

10

Yogyakarta ……………………..

Mengetahui,

Kepala Sekolah                                                                        Guru Mapel

 

 

PUSPITA ASTARI PUTRI                                           TIARA WAHYU RAHMAWATI

NIM 10416244003                                                      NIM. 10416244017

 

 

 

Leave a comment