RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMP Banyu Biru
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester : IX / 1 dan 2
Alokasi Waktu : 4 X 40 menit (2x pertemuan)
Tema : Nasionalisme Dulu dan Sekarang
Standar Kompetensi : 1. Memahami usaha mempertahankan kemerdekaan
2. Memahami perubahan pemerintahan dan kerjasama internasional
Kompetensi Dasar 2.1 Mengidentifikasi usaha perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia
7.3 Menguraikan perilaku masyarakat dalam perubahan sosial-budaya di era global
- A. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari tema ini siswa diharapkan mampu :
- Menjelaskan faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya konflik antara Indonesia dengan Belanda
- Mengidentifikasi pengaruh konflik Indonesia-Belanda terhadap keberadaan negara kesatuan Republik Indonesia
- Menjelaskan Perjuangan rakyat dan pemerintah di berbagai daerah dalam usaha mempertahankan kemerdekaan Indonesia. (pertempuran Surabaya, pertempuran Medan Area, pertempuran Ambarawa, Bandung Lautan Api, Puputan Margarana, serangan
- Menyebutkan faktor-faktor yang memaksa Belanda keluar dari Indonesia
- Mendeskripsikan Modernisasi dan globalisasi
- Menguraikan pengaruh globalisasi terhadap nasionalisme rakyat Indonesia saat ini
- Mengidentifikasi sikap kritis rakyat Indonesia terhadap pengaruh globalisasi terhadap memudarnya rasa nasionalisme rakyat Indonesiaan saat ini
- B. Karakter siswa yang diharapkan :
- Rasa ingin tahu
- Sikap Kritis
- Cinta Tanah Air
- Bertanggungjawab
- Kerjasama
C. Materi Pembelajaran
- Faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya konflik antara Indonesia dengan Belanda
- Pengaruh konflik Indonesia-Belanda terhadap keberadaan negara kesatuan Republik Indonesia
- Perjuangan rakyat dan pemerintah di berbagai daerah dalam usaha mempertahankan kemerdekaan Indonesia. (pertempuran Surabaya, pertempuran Medan Area, pertempuran Ambarawa, Bandung Lautan Api, Puputan Margarana, Peristiwa Westerling di Makassar ,dan serangan Umum 1 Maret)
- Faktor-faktor yang memaksa Belanda keluar dari Indonesia
- Proses masuk dan berkembangnya globalisasi
- Pengaruh globalisasi terhadap nasionalisme rakyat Indonesia saat ini
- Sikap kritis rakyat Indonesia terhadap pengaruh globalisasi terhadap memudarnya rasa nasionalisme rakyat Indonesiaan saat ini
- D. Metode Pembelajaran
- Pertemuan I:
– Pengamatan gambar
– Ceramah,
– Diskusi,
– Tanya-jawab
- Pertemuan II
– Ceramah
– Debat aktif
- E. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1
Alokasi Waktu: 2 x 40 menit (1 x pertemuan)
Kegiatan |
Rincian Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Pendahuluan | – Salam, doa, memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas- Apersepsi : Guru memberi pertanyaan kepada siswa.
– Motivasi dan tujuan : Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan menampilkan gambar keadaan bangsa Indonesia pada jaman penjajahan |
10 menit |
Kegiatan Inti | 1. Ceramah:Guru menjelaskan secara garis besar faktor penyebab jadinya konflik antara Indonesia dengan Belanda
2. Diskusi: – Guru memberikan instruksi kepada siswa untuk membentuk 4 kelompok setiap kelompok terdiri dari 7 orang. (1 kelas=28 siswa).
– Siswa melakukan diskusi, – Setelah diskusi kelompok selesai, Guru meminta kepada perwakilan tiap kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi. – Siswa dipersilahkan tanya jawab 3. Konfirmasi: – Guru memberikan jawaban / penegasan terhadap petanyaan siswa yang belum dijawab oleh kelompok penyaji |
10 menit 40 menit 10 menit |
Penutup | – Siswa bersama dengan guru menyimpulkan bersama materi yang telah dipelajari- Siswa diminta membuat refleksi pembelajaran mengenai perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia
– Guru menutup kegiatan pembelajaran |
10 menit |
Pertemuan II
Alokasi Waktu: 2 x 40 menit (1 x pertemuan)
Kegiatan |
Rincian Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Pendahuluan | – Salam, doa, memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas- Apersepsi : Guru memberi pertanyaan kepada siswa.
– Motivasi dan tujuan : Guru menyampaikan sekilas tentang kegiatan yang akan dilaksanakan pada hari itu |
10 menit |
Kegiatan Inti | 3. Ceramah– Guru menjelaskan secara garis besar tentang materi modernisasi dan globalisasi
4. Debat Aktif – Membagi kelas menjadi dua kelompok besar yaitu kelompok pro dan kontra – Guru memberikan bahan kajian kepada siswa dengan topik globalisasi dan pengaruhnya terhadap nasionalisme bangsa Indonesia pada saat ini – Siswa dipersilahkan mengembangkan sebuah pernyataan kontroversial berhubungan dengan “pengaruh globalisasi pada sikap nasionalisme bangsa Indonesia” – memberikan waktu kepada masing-masing kelompok untuk mencari argumen yang mendukung masing-masing posisi terhadap pernyataan yang telah dipaparkan. – Mengatur tempat duduk menjadi saling berhadapan antara kelompok pro dan kontra dengan posisi juru bicara masing-masing didepan. – Memulai melaksanakan debat aktif – Setiap kelompok dipersilakan untuk memberikan kesimpulan akhir dari argument-argumen yang telah mereka paparkan – Selama masing-masing juru bicara melaksankan debat, siswa yang tidak menjadi juru bicara bertugas membuat resume pelaksanaan debat. – Guru melakukan penilaian |
15 menit 40 menit
|
Penutup | – Siswa bersama dengan guru menyimpulkan bersama materi yang telah dipelajari- Siswa diminta membuat refleksi pembelajaran mengenai “pengaruh globalisasi pada sikap nasionalisme bangsa Indonesia”
– Guru memberi tugas untuk membuat artikel tentang perbandingan sikap nasionalisme pada jaman dulu dan jaman sekarang – Guru memberi tanggapan dan penguatan terhadap materi. |
15 menit |
- F. Sumber, Alat, dan Bahan Pembelajaran
- Sri Sudarmi dan Waluyo. 2008. Galeri Pengetahuan Sosial Terpadu. Departemen Pendidikan Nasional: Solo
- Gambar-gambar arsip Nasional sekitar penjajahan Belanda
- Fattah, Sanusi.,dkk. 2008. Ilmu Pengetahuan Sosial : untuk SMP/MTs kelas IX. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional
- G. Penilaian
- Tehnik Penilaian.
- Tes tertulis
- Penugasan terstruktur
2. Bentuk Instrumen
- tes pilihan ganda
- tes uraian
Indikator Pencapaian Kompetensi |
Penilaian |
||
Teknik |
Bentuk Instrumen |
Contoh Instrumen |
|
|
Tes tulisTes tulis
Tes tulis Tes tulis. Tes tulis. Tes tulis |
Tes pilihan gandaTes pilihan ganda
Tes Uraian Tes Uraian Tes Uraian Penugasan
|
Keberhasilan TKR mengusir Sekutu dari Ambarawa menjadi satu peristiwapenting, sebab … .
Dampak Serangan Umum 1 Maret 1949 yang menunjang perjuangan diplomasi adalah … .
Jelaskan faktor penyebab konflik Indonesia Belanda! Sebutkan faktor-faktor yang memaksa Belanda keluar dari Indonesia! Bagaimana seharusnya sikap pemuda Indonesia saat ini dalam menanggapi pengaruh globalisasi terhadap rasa nasionalismenya! Buatlah perbandingan sikap nasionalisme pada jaman dulu dan jaman sekarang !
|
Lembar Penilaian Proses (Diskusi)
LEMBAR PENILAIAN DISKUSI
No |
Nama Siswa |
Aspek yang Dinilai |
Jumlah Skor |
||||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
|||
1 |
|||||||
2 |
|||||||
3 |
|||||||
4 |
|||||||
5 |
Keterangan
1. Kemampuan Presentasi Materi
2. Kemampuan tanya jawab
3. Kerjasama
4. Kemampuan menyimpulkan
5. Laporan
Rentang skor
5 : Sangat Baik 4 : Baik 3 : Cukup 2 : Kurang 1 : Sangat kurang
Lembar Penilaian Debat Aktif
NO |
Kriteria Penilaian |
Skor |
12
3 4
5 6 7
8 9 10 |
Kemampuan menyampaikan tema (communication)Kemampuan mempertahankan pendapat (confidence)
Penguasaan Materi Wawasan (termasuk data dan kasus aktual penunjang) Kemampuan berbahasa Indonesia yang baik dan benar (oral fluency) – Pemilihan kata – intonasi – penekanan kata Manner ( sikap ) dan etika. – gerak tubuh – tatapan mata Team work (peran tiap anggota) |
…… …… …… ……
…… …… ……
…… …… ……. |
TOTAL SKOR |
…… |
Nb. Pemberian skor dengan rentang angka 10 – 100
Skor debat : Total skor
10
Yogyakarta ……………………..
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Mapel
PUSPITA ASTARI PUTRI TIARA WAHYU RAHMAWATI
NIM 10416244003 NIM. 10416244017